28 Jan

Market Hari ini

Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan Senin 27 Januari 2020 ditutup melemah 1,77% pada level 6133. Semua sektor melemah dengan kontribusi pelemahan terbesar pada sektor industri dasar. Investor asing net buy Rp161,02 miliar. Indeks di bursa Wall Street ditutup melemah akibat kekhawatiran akan dampak virus korona terhadap perekonomian China dan global. Saham yang terkait dengan perjalanan, termasuk maskapai penerbangan, kasino dan hotel, mengalami pelemahan yang terbesar di Wall Street. Selain itu sektor yang sensitif dengan pertumbuhan China, termasuk teknologi, komoditas dan energi juga mengalami pelemahan. Pemerintah China memperpanjang liburan nasional Tahun Baru Imlek hingga 2 Februari untuk mencegah bertambahnya korban virus korona. Pemerintah China menutup beberapa kota dan menghentikan transportasi sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan perlambatan ekonomi China, yang akan berdampak pada permintaan komoditas dan berpengaruh terhadap ekonomi global. Namun beberapa investor di Wall Street masih cukup yakin dengan prospek jangka panjang ekonomi. Sementara itu data new home sales AS turun menjadi 694 ribu dari 697 ribu. Untuk Indeks Harga Saham Gabungan perdagangan hari ini diperkirakan bergerak mixed to low. Indeks diperkirakan bergerak di level 6056 - 6218


News & Analysis

MIKA Alokasikan Belanja Modal Rp300 Miliar

PT Mitra Keluarga Tbk (MIKA) mengalokasikan belanja modal sebesar Rp300 miliar pada 2020. Sebagian besar dana itu akan digunakan untuk membangun satu rumah sakit di Surabaya. MIKA memperkirakan rumah sakit baru tersebut akan dapat beroperasi pada kuartal IV/2020. Saat ini, perseroan sudah memiliki 3 rumah sakit di kota itu, sehingga nantinya akan ada 4 rumah sakit di Surabaya. Nilai belanja modal tahun ini lebih kecil 51,61% dibandingkan dengan anggaran 2019, yang mencapai Rp620 miliar. Tahun lalu, perseroan baru menyelesaikan dua proyek rumah sakit, masing-masing di Bintaro, Tangerang dan Jatiasih, Bekasi. Perseroan menargetkan untuk memiliki 30 unit rumah sakit pada 2025. Saat ini, MIKA sudah memiliki 24 unit rumah sakit. Sebanyak 16 di antaranya merupakan grup Mitra Keluarga, sedangkan 8 lainnya adalah jaringan Grup Kasih.

Cucu Usaha META Akan Naikkan Tarif Tol Ujung Pandang


Anak perusahaan PT Margautama Nusantara, PT Bosowa Marga Nusantara selalu operator Jalan Tol Ujung Pandang Seksi I dan II berencana menaikkan tarif tol pada 31 Januari 2020. Margautama Nusantara merupakan bisnis unit strategis PT Nusantara Infrastructure Tbk (META). Penyesuaian tarif tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1232/KPTS/M/2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Ujung Pandang Seksi I dan II.

Fitch Menaikkan Peringkat TBIG Dari BB– Menjadi BB

Fitch Ratings telah menaikkan Peringkat Jangka Panjang Mata Uang Asing dan Lokal Issuer Default Rating (IDR) dari perusahaan menara telekomunikasi PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) ke 'BB' dari 'BB-'. Peringkat senior tanpa jaminan juga telah dinaikkan menjadi 'BB' dari 'BB- ' Pada saat yang sama, Fitch Ratings Indonesia telah menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang dan Peringkat Nasional senior tanpa jaminan nasional ke 'AA-(idn)' dari 'A+(idn)'. Outlook dari IDR dan Peringkat Nasional Jangka Panjang adalah Stabil.

Anak Usaha BRMS Uji Coba Produksi Tambang Poboya


Anak usaha PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), PT Citra Palu Minerals (CPM), telah memulai Uji Coba Produksi di fasilitasnya di Poboya, Palu (Sulawesi Tengah). Pengujian Wet Run (dengan muatan) telah berhasil diselesaikan pada tanggal 22 Januari lalu. Beberapa penyesuaian perlu dilakukan, seperti yang telah diantisipasi sebelumnya, agar seluruh peralatan dapat berfungsi dengan baik. Perseroan baru saja memulai kegiatan Uji Coba Produksi pada tanggal 23 Januari lalu. Pengujian ini diperlukan untuk memastikan bahwa mesin dan peralatan terkait dapat memproduksikan Dore Bullion dengan kandungan emas diatas 45%. Dalam pengujian pertama, perseroan berhasil memproduksikan 297 gram Dore Bullion.

Per Desember HOME Masih Miliki Sisa Dana Rights Issue Rp109,59 Miliar


PT Hotel Mandarine Tbk (HOME) hingga periode 31 Desember 2019 masih menyimpan dana sisa hasil PHMETD atau rights issue sebesar Rp109,59 miliar. Dana dari hasil rights issue yang digelar pada Mei 2019 lalu perseroan meraih hasil bersih Rp1,99 triliun. Dana tersebut digunakan untuk modal kerja Rp77,11 miliar dan penyertaan di entitas anak sebesar Rp1,81 triliun. Sisa dana PMHMETD tersebut kini disimpan di Bank Mandiri sebesar Rp24,73 miliar dan PT Trisarana Inti Semesta Rp84,86 miliar.

SGRO Berencana Terbitkan Obligasi dan Sukuk Untuk Refinancing

PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) berencana untuk mengubah profil utangnya. Perseroan akan menerbitkan obligasi, yang sebagian besar perolehan dananya akan dialokasikan untuk pembayaran utang di level anak usaha lebih awal. SGRO akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I SGRO 2020 dengan target perolehan dana Rp 1 triliun. Perusahaan juga akan menerbitkan Sukuk Ijarah I SGRO 2020 dengan nilai emisi yang sama. Untuk tahap pertama, SGRO akan merilis obligasi dan sukuk masing-masing Rp 300 miliar

Stock Pick

TBIG

Pada perdagangan kemarin saham TBIG ditutup menguat pada level 1185. TBIG selanjutnya diperkirakan akan bergerak di kisaran 1170-1200
Rekomendasi Sell on Strength jika tidak menembus level resisten pada 1205

ICBP


Pada perdagangan kemarin saham ICBP ditutup tertahan dilevel harga 11650. ICBP selanjutnya diperkirakan akan bergerak 11450-11800.
Rekomendasi Sell on Strength jika tidak menembus level resisten pada 11850

INDF


Pada perdagangan kemarin saham INDF ditutup tertahan pada level harga 8125. INDF selanjutnya diperkirakan akan bergerak di kisaran 8000-8225.
Rekomendasi Sell on Strength jika tidak menembus level resisten pada 8230

HRUM


Pada perdagangan kemarin saham HRUM ditutup menguat dilevel harga 1350. HRUM selanjutnya diperkirakan akan bergerak di kisaran 1330-1365.
Rekomendasi Sell on Strength jika tidak menembus level resisten pada 1370

TOWR


Pada perdagangan kemarin saham TOWR ditutup menguat dilevel harga 840. TOWR selanjutnya diperkirakan akan bergerak di kisaran 825-850.
Rekomendasi Sell on Strength jika tidak menembus level resisten pada 855

HOKI

Pada perdagangan kemarin saham HOKI ditutup menguat pada level harga 890. HOKI selanjutnya diperkirakan akan bergerak di kisaran 875-900
Rekomendasi Sell on Strength jika tidak menembus level resisten pada 905

Disclaimer :

This report is prepared strictly for private circulation only to clients of PT Waterfront Sekuritas. It is purposed only to person having professional experience in matters relating to investments. The information contained in this report has been taken from sources which we deem reliable. No warranty (express or implied) is made to the accuracy or completeness of the information. All opinions and estimates included in this report constitute our judgments as of this date, without regards to its fairness, and are subject to change without notice. However, none of PT Waterfront Sekuritas and/or its affiliated companies and/or their respective employees and/or agents makes any representation or warranty (express or implied) or accepts any responsibility or liability as to, or in relation to, the accuracy or completeness of the information and opinions contained in this report or as to any information contained in this report or any other such information or opinions remaining unchanged after the issue thereof. We expressly disclaim any responsibility or liability (express or implied), its affiliated companies and their respective employees and agents whatsoever and howsoever arising (including, without limitation for any claims, proceedings, action, suits, losses, expenses, damages or costs) which may be brought against or suffered by any person as a results of acting in reliance upon the whole or any part of the contents of this report and neither PT Waterfront Sekuritas, its affiliated companies or their respective employees or agents accepts liability for any errors, comissions or misstatements, negligent or otherwise, in the report and any liability in respect of the report or any inaccuracy therein or omission there from which might otherwise arise is hereby expresses disclaimed.
This document is not an offer to sell or a solicitation to buy any securities. This firms and its affiliates and their officers and employees may have a position, make markets, act as principal or engage in transaction in securities or related investments of any company mentioned herein, may perform services for or solicit business from any company mentioned herein, and may have acted upon or used any of the recommendations herein before they have been provided to you. © PT Waterfront Sekuritas 2019
Published on 2020-01-28 08:00:31 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)