Indeks Stoxx Akhiri Reli Penguatan Lima Hari

JAKARTA – Bursa saham Eropa mengakhiri reli penguatan lima hari pada akhir perdagangan Rabu (20/3/2019), tertekan saham Bayer dan BMW yang anjlok.

Sementara itu, pasar saham juga tertekan setelah Uni Eropa menolak permintaan Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk menunda Brexit lebih lama.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,9% atau 3,45 poin ke level 380,84 dengan saham Bayer yang melemah hampir 10% dan menjad penekan utama.

Sementara itu, indeks acuan Jerman, DAX, turun 1,6% sekaligus mencatat penurunan harian terbesar dalam enam pekan, tertekan saham BMW yang merosot 4,9%.

Juga membebani indeks DAX, yang biasanya sensitif terhadap berita perdagangan, adalah pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa tarif AS untuk barang-barang impor China bisa tetap ada untuk jangka waktu yang lama.

Dalam perkembangan Brexit terbaru, permintaan PM May untuk perpanjangan tiga bulan dipandang lebih pendek dari yang diperkirakan pasar. Perpanjangan yang lebih lama akan meningkatkan prospek referendum lain atau Brexit yang lebih lunak yang diyakini para pelaku pasar akan membatasi pelemahan ekonomi.

"Ketidakpastian (Brexit) hanya melumpuhkan karena ketidakpastian pada dasarnya berarti perusahaan tidak akan bergerak dengan rencana mereka dan itu mulai menjadi masalah," kata James Hickey, kepala analis di HD Vest, seperti dikutip Reuters.

Intensitas kekhawatiran seputar Brexit tercermin pada indeks FTSE 100 yang ditutup melemah 0,5%, mematahkan korelasi negatif dengan pound sterling. Ini menandakan bahwa kekacauan lebih lanjut dan tekanan pada perusahaan asal Inggris lebih besar daripada perdagangan mata uang.

Emiten ritel Kingfisher menjadi penekan terbesar pada indeks setelah melaporkan penurunan 13% laba tahunan dan kepergian Chief Executive Officer perusahaan, Veronique Laury.

Hal lain yang menjadi perhatian bagi para investor adalah pernyataan Federal Reserve AS. Dengan keputusan bahwa suku bunga tidak berubah, ‘dot plot’ The Fed yang menunjukkan pandangan suku bunga masing-masing anggota komite untuk tiga tahun mendatang akan dilihat mengkonfirmasi sikap dovish bank sentral.

Seluruh sektor di bawah indeks Stoxx berada di zona merah, dengan sektor otomotif membalikkan hampir seluruh penguatan di hari Selasa.

Sementara itu, indeks CAC40 Prancis mengakhiri penguatan tujuh hari berturut-turut dan ditutup melemah 0,8%. Perusahaan minyak dan gas Total turun 2,3% setelah emiten pengiriman peti kemas Denmark A.P. Moller Maersk melepas 17,3 juta saham perusahaan.


( Miachitradinisari )


LINK : https://market.bisnis.com/read/20190321/7/902519/indeks-stoxx-akhiri-reli-penguatan-lima-hari
Published on 2019-03-21 08:21:39 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)