AS-China Capai Kesepakatan Pokok, Harga Minyak Naik

JAKARTA – Harga minyak berhasil membalik pelemahannya dan ditutup naik pada perdagangan Kamis (12/12/2019), setelah pemerintah Amerika Serikat mencapai kesepakatan dagang pada pokoknya dengan China.

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Januari 2020 berakhir menguat 42 sen di level US$59,18 per barel di New York Mercantile Exchange.

Adapun harga minyak Brent untuk kontrak Februari 2020 naik 48 sen dan ditutup di level US$64,20 per barel di ICE Futures Europe Exchange, setelah merosot 1 persen pada penutupan perdagangan Rabu (11/12). Minyak mentah acuan global ini diperdagangkan premium sebesar US$5,14 terhadap WTI untuk bulan yang sama.

Tim negosiator AS dikabarkan telah mencapai ketentuan-ketentuan perjanjian perdagangan fase satu dengan China dan kini tengah menunggu persetujuan Presiden Donald Trump. Perkembangan tersebut serta merta meredakan kekhawatiran pasar tentang perlambatan ekonomi global.

“Sepertinya kita mungkin memiliki keajaiban kesepakatan perdagangan, meskipun saya masih berpikir AS akan sedikit mempersulit China. Jadi masih ada beberapa ketidakpastian tentang detailnya,” ujar John Kilduff, seorang mitra di Again Capital.

"Di luar soal kesepakatan, ada lebih banyak sentimen saat ini mengingat kesepakatan OPEC+ serta ketegangan Iran dan Irak,” tambahnya, seperti dilansir dari Bloomberg.
Baca juga: Upaya OPEC+ Belum Berhasil Angkat Harga Minyak

Optimisme mengenai perdagangan AS-China ini juga mampu menutupi kabar negatif lonjakan persediaan bahan bakar AS yang telah membebani harga minyak pada perdagangan Rabu (11/12).

Jumlah pasokan bensin AS dilaporkan mencatat lonjakan tertinggi sejak Januari karena permintaan produk secara keseluruhan merosot ke level terendah tiga tahun, menurut Energy Information Administration (EIA).

Di sisi lain, pekan lalu, 24 produsen dalam koalisi OPEC+, yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia, menyetujui paket pemangkasan produksi sebesar 2,1 juta barel per hari.

Namun, menurut International Energy Agency (IEA), pengurangan produksi lebih dalam yang diumumkan oleh kartel minyal itu tidak akan mencegah surplus pada awal 2020.

( Miachitradinisari )


LINK : https://market.bisnis.com/read/20191213/94/1181001/as-china-capai-kesepakatan-pokok-harga-minyak-naik
Published on 2019-12-13 08:15:18 (GMT +7)

Global Info Regional

Global Info Currency

Global Info Commodity

Links

INFO

PT. Waterfront Sekuritas Indonesia
Memberikan layanan atas transaksi
Repurchase Agreement (REPO)"
PT. Waterfront Sekuritas Indonesia Terdaftar dan Diawasi Oleh





INFO TERBARU
Mulai 26 november 2018 , Penyelesaian transaksi bursa di pasar reguler menjadi 2 hari bursa (T+2)